Mengenal dan Mengistall PHP



Sehat, sempat dan Selamat semoga selalu menyertai kita semua... Amiiin.


PHP, 3 hurup bergaris bawah adalah santapan telinga tiap hari bagi kita bahkan berbagai upaya dan usaha untuk dapat memahami, mendalami, sampai menguasai 3 huruf tersebut.
Keberadaan Anda sekarang di depan monitor merupakan satu pernyataan yang konkrit bahwa jutaan manusia ingin mendalami maksud dan tujuan dari 3 hurup tersebut.

1). Apa itu PHP?
Pada tahun 1995(Penulis baru Masuk SD) ada seorang pengembang perangkat lunak bernama Rasmus Lerdrof, yang bertujuan ingin mengetahui seberapa banyak jumlah pengunjung yang membaca resume onlinenya, Namun pada saat itu script yang dikembangkan hanya dapat merekam informasi pengunjung dan menampilkan jumlah pengunjung dari sebuah website. Saat ini pula kedua tugas dari Rasmus Lerdrof tersebut masih Sangat populer digunakan pada dunia website. Sehingga Rasmus mulai membuat sebuah Script dengan nama 3 hurup , yakni P,H dan P yang berarti Personal Home Page.

Semua orang pasti suka serba guna dan hal yang sama juga terjadi pada tool yang dibuat Rasmus, menjadikannya melanjutkan pengemabangan PHP hingga menjadi Bahasa tersendiri yang mungkin dapat mengkoversi data yang diinputkan melalui Form HTML menjadi suatu variabel, yang dapat diguanakan oleh system lainya. Untuk merealisasikannya, Rasmus mencoba mengembangkan lagi PHP menggunakan Bahasa C ketimbang menggunakan Perl.Tahun 1997, PHP Versi 2.0 dirilis dengan nama bukan 3 saja akan tetapi diberikan nama Personal Home Page Form Interpreter(PHP-FI).

PHP menjadi sangat populer, sehingga banyak sekali yang ikut bergabung dengan Rasmus Lerdrof untuk mengembangkan PHP hingga menjadi seperti yang akan kita pelajari sebentar lagi lok ceritanya dah selesai....!
Setelah dirilis Versi 3.0 pada tahun 1998 diamana penulis pada saat itu baru berdiri di kelas 4 SD, PHP sudah tercatat sekitar 50.000 Programmer menggunakan 3 hurup ini untuk membuat website dinamis. Satu tahun adalah waktu yang sangat lama bagi kita, Namun satu tahun begitu cepat pada peningkatan jumlah Website menggunakan PHP, setelah ratusan fungsi ditambahkan. Dimana pada awal 1999 ditemukan 1.000.000 Situs di di Bumi menggunakan PHP dan menjadi bukti bahwa PHP sebagai bahasa terpopuler digunakan oleh web development. Kakek kita Rasmus tentunya kaget dengan keadaan yang mungkin belum pernah bermimpi ketika masih bayi akan kepopuleran karyanya. Kemudian Zeev Suraski bersama Andi Gutsman sebgai programmer inti menulis ulang PHP parser, dan digabungkan dengan Zend Scripting Engine, dan juga mengubah jalan alur operasinya, yang kemudian fitur tersebut dirilis pada PHP 4.

13 Juli 2004(lok gk salah tulis baru kls 1 SMA kayaknya), Netcraft mengumumkan PHP sebgai bahasa web populer didunia, karena ada 19Juta domain menggunakan PHP sebgai server side scriptingnya. Saat ini PHP telah mendukung XML, Web Services dan SQLite.

Perbedaan PHP dengan HTML terjadi pada proses PHP itu sendiri, dimana HTML hanya sebagai bahasa statis yang apabila kita ingin merubah konten/isinya kita harus membuka filenya terlebih dahulu baru kita menambahkan isi pada file tersebut. Sedangkan PHP yakni kita bisa langsung menambah kontenya tanpa kita berhubungan dengan scriptnya.

Keunggulan PHP:
1. Free atau Gratis
    Semua orang akan jarang sekali menolak jika diberikan sesuatu secara gratis, beda sih dengan Gratis  
    Naik Turun Bayar pada mobil angkut, Namun PHP itu semua fasilitasnya Gratis, sehingga   
    perkembangannya sangat cepat dan membuat Jutaan domain menggunakannya.
2. Cross Platform
   




























0 Response to "Mengenal dan Mengistall PHP"

Posting Komentar

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme