Apa itu GPS, Cara kerja GPS, dan Jenis2 GPS, dan Teknologi GPS


GPS(Global Posistion System) adalah suatu perangkat navigasi elektronik yang menggunakan jaringan sateli yang ditemukan di orbit bumi untuk mengetahui keberadaan.
Pertama kali sistem ini digunakan oleh mereka para militer Amerika Serikat pada tahun 1980an, sedangkan publik mulainya sekitar 90an, kemudian datang dalam berbagai spesifikasi dan dikembang oleh berbagai perusahaan.

Adapun cara kerja dari GPS adalah dengan mentransmisikan sinyal dari satelit ke perangkat GPS seperti Handphone,Ipad, Blackberry dan jenisnya. Untuk mendapatkan informasi yang akurat dengan sistem ini alangkah baiknya jika berada di ruangan terbuka, bukan di dalam gedung, karena sistem ini keakuratannya sekitar 15 meter, sehingga jika sistem ini dalam ruangan yang tertutup tingkat keakuratannya akan berkurang.

Adapun keistimewaan dari sistem ini adalah dapat bekerja pada malam hari ataupun siang, hujan ataupun cerah, akan tetapi ini tergantung dari jenis masing-masing GPS.

Dalam Penerapannya sistem ini terdiri dari 3 segmet, yakni :
1. User Segmen, yang dimaksud disini adalah bahwa user yang menggunakan receiver atau GPS receiver terdiri dari beberapa aplikasi, kemudian GPS receiver inilah nantinya yang mengetahui posisi dari suatu objek/orang/ atau apa saja yang kita cari.

2. Space Segment, merupakan hal terpenting dalam GPS dimana pada bagian ini terdiri dari 24 satelit, dan satelit-satelit tersebut terletak pada ketinggian 20200 kilo meter, yaitu pada altitude orbit. dengan ketinggian tersebut merupakan jarak yang tepat agar tidak terganggu oleh Atmosfer, dan jangkauan wilayah satelit di bumi tersebut.

GPS yang terdiri dari  24 satelit itu adalah punyaknya MR. US. Punyaknya Rusia bernama GLONASS ini juga 24 Satelit, sedangkan Eropa bernama GALILEO, tapi kedua sistem selain GPS itu belum digunakan karena sulit dioperasikan dan juga menjaganya.

3. Control Segment
Maksudnya adalah sebagai stasiun pengontrol di Bumi, sekaligus memantau posisi dari satelit-satelit tersebut.

Terakhir adalah Jenis-jenis dari GPS.
1. Aplikasi untuk di darat(Land Applications), jenis ini sering digunakan oleh mereka para funbike.


2. Aplikasi untuk laut(Marine Applications), ini biasanya digunakan oleh mereka para Bahari-bahari nan jauh di tengah laut sana...

3. Aplikasi untuk Militer(Military Applications), jenis ini biasanya dipakai oleh para militer sejati kita, dan menurut saya ini, pasti lebih baik ketimbang buat orang-orang biasa.

4. Aplikasi untuk udara(Air Applications), untuk jenis ini dikhususkan bagi mereka yang bekerja di udara.

5. Aplikasi ringan(Recreation Applications), sedangkan jenis terakhir ini adalah yang sering digunakan oleh orang-orang biasa aja, di Udara tidak, di laut juga tidak, yang pasti di Bumiiilah.

SRC: ADITYA WIRAWAN. NET

0 Response to "Apa itu GPS, Cara kerja GPS, dan Jenis2 GPS, dan Teknologi GPS"

Posting Komentar

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme